Cara Merawat Mobil Manual Agar Tetap Nyaman dan Prima

-

Cara Merawat Mobil Manual – Kendaraan memang membutuhkan perawatan secara teratur agar mesinnya tetap prima dan nyaman. Bukan hanya mobil bekas saja yang membutuhkan perawatan, tetapi mobil baru juga membutuhkan rawatan secara berkala. Hal ini sangat berlaku untuk mobil manual. Banyak orang yang melakukan rawatan mobil secara sembarangan. Tanpa memperhatikan cara merawat mobil secara manual dengan benar.

Sehingga hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil anda. Pastinya anda tidak ingin mengalaminya bukan? Cara merawat mobil manual merupakan hal yang harus di utamakan bagi pengguna mobil. Karena saat ini mobil menjadi kendaraan sebagai alat transportasi yang dipilih banyak orang. Bahkan mobil selalu dijadikan kendaraan sehari-hari saat beraktifitas.

Karena digunakan untuk berkendara setiap hari, pastikan mobil anda selalu dalam keadaan prima dengan rutin membawa ke bengkel mobil terdekat. Untuk membuat kondisi mobil tetap prima dan sehat, tentunya membutuhkan rawatan mobil yang maksimal dan menyeluruh. Agar tidak salah dalam memberikan perawatan pada mesin mobil anda. Di bawah ini kami akan membagikan tips cara merawat mobil manual agar tetap prima.

Berikut Cara Merawat Mobil Manual Agar Tetap Prima

1. Melakukan cek stater mobil secara rutin

Pertama cobalah hidupkan mobil anda, apabila starter mobil tidak dapat digunakan mungkin telah terjadi kerusakan di dalamnya. Hal tersebut biasanya dikarenakan kurangnya suplai udara dan bahan bakar. Periksalah saringan filternya dengan mencabutnya, kemudian bersihkan menggunakan kuas atau pasta gigi. Jika cara tersebut sudah anda lakukan, namun tetap tidak bisa di starter maka bawalah mobil ke bengkel terdekat.

2. Rutin mengganti oli mobil

Mengganti oli secara rutin memang harus dilakukan. Oli adalah suatu komponen pendukung yang sangat penting bagi performa mobil. Untuk membuat mobil tetap dalam keadaan prima atau maksimal, anda harus rutin mengganti oli. Kententuan pergantian oli di setiap jenis mobil memang berbeda. Tapi biasanya pergantian oli pada mobil selalu dilakukan jika sudah menempuh jarak 3000 kilometer hingga 5000 kilometer.

Oli tidak hanya dapat mempengaruhi performa mesin mobil manual saja. Tapi juga dapat bertindak sebagai penahan gesekan komponen-komponen dalam mesin mobil. Sehingga pergantian oli sangat penting dilakukan secara berkala. Pastikan anda memilih oli yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan mobil. Apabila anda kurang paham, cobalah berkonsultasi dengan petugas bengkel terdekat.

3. Pengecekan cairan radiator dan coolant

Cara merawat mesin mobil manual yaitu dengan mengetahui fungsi radiator sendir untuk mentralkan panas pada mesin mobil. Rutinlah melakukan pengecekan radiator mobil anda. Jika air yang ada dalam radiator anda kosong, hal itu dapat menyebabkan overheat pada mesin. Hingga menyebabkan mesin manualnya rusak. Kekosongan air pada radiator mobil dapat membahayakan pengemudinya. Sehingga sangat penting untuk melakukan pengecekan secara rutin pada cairan radiator supaya performanya sebagai pendingin tetap terjaga.

4. Membersihkan filter karburasi

Jika mesin mobil anda susah di nyalakan, itu merupakan tanda bahwa filter karburasi sedang dalam keadaan kotor. Segera bersihkan saringan karburasi dengan mudah, gunakanlah sikat gigi untuk menghilangkan kotoran dan kerak yang menempel pada filter karburasi. Jangan menggunakan hairdrayer atau compressor ketika membersihkan filter karburasi. Karena dapat menyebabkan resiko kerusakan pada filter karburasi mobil anda.

5. Pengecekan timing belt

Timing belt adalah suatu komponen dalam mobil yang dapat berfungsi untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang daoat di hubungkan pada bagian internal mesin. Apabila terdengar suara bising ketika mesin mobil di nyalakan, mungkin terdapat kerusakan pada timing belt. Jika dibiarkan begitu saja akan menyebabkan timing belt putus, sehingga komponen-komponen tertentu pada mesin mobil akan rusak. Selain itu juga suplay listrik pada akumulator tidak akan bekerja dengan maksimal.

6. Memeriksa kondisi knalpot

Knalpot atau saluran pembuangan merupakan suatu komponen penting dalam mobil yang berguna untuk mengeluarkan gas sisa kendaraan. Cek secara berkala kanlpot mesin anda dan pastikan tidak ada apapun yang menyumbat, sehingga pembuangan gas dapat berjalan lancar.

7. Mengganti spare part mobil original

Jikalau terdapat kerusakan pada komponen mesin mobil anda, pastikan segera memperbaikinya pada bengkel-bengkel terpercaya dengan mekanik handal. Selain itu, apabila di perlukan mengganti komponen-komponen mesin mobil, pastikan anda membeli barang original dan kualitasnya terjamin agar tidak mudah rusak. Jangan sampai tergiur dengan harga murah tapi tidak dapat di buktikan kualitasnya. Bisa saja dapat merusak kembali mesin mobil anda.

8. Lakukan penarikan gas dengan kuat

Apabila di perlukan untuk pengecekan mesin, sesekali paculah kecepatan mobil dengan sangat tinggi. Mobil yang sudah lama di gunakan akan terdapat kerak dibagian mesinnya. Anda bisa menghilangkan kerak pada bagian mesin mobil dengan menggunakan cara memacu kendaraan mobil pada kecepatan tinggi supaya kerak dapat keluar melalui knalpot. Sebelum itu pastikan kondisi sekitar aman dan tidak membahayakan orang lain.

9. Rutin melakukan tune up

Melakukan tune up bisa anda lakukan pada bengkel resmi terdekat. Hal tersebut dapat membuat mesin anda tetap awet. Proses tune up, kondisi komponen-komponen vital mesin mobil anda pasti akan di periksa secara menyeluruh.

10. Tangki mobil jangan sampai kosong

Mungkin dalam hal ini terlihat sepele bagi orang yang tidak pernah memenuhi tangki bensin mobilnya. Kebiasaan seperti itu dapat menyebabkan bagian atas tangki mobil tidak pernah terkena cairan. Sehingga mudah kotor dan berkerak, apabila kotoran dan kerak bercampur dengan bensin kendaraan akan sangat membahayakan. Sebab akan terbawa pada saluran pembakaran.

Selain memenuhi tangki bensin mobil anda, jangan lupa untuk menjaga kebersihan mobil. Karena menjaga kebersihan mobil dapat memiliki dua fungsi tersendiri yaitu kebersihan komponen pada mobil tetap terjaga dan sekaligus sebagai kesempatan untuk melakukan cek pada kondisi komponen mesin. Dengan begitu anda akan terhindar dari bahaya ketika berkendara.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan tentang cara merawat mobil manual agar tetap prima. Mobil yang baru sejak awal harus di rawat sebaik mungkin dengan membawanya ke bengkel spooring terdekat. Supaya tidak mudah rusak bagian komponen-komponenya. Dengan begitu mobil anda akan semakin awet kedepannya. Merawat kebersihan mobil juga perlu diperhatikan, agar anda dan keluarga merasa nyaman saat berkendara.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *