Plus Minus Career Switch yang Akan Dihadapi Semua Orang

-

Plus Minus Career Switch yang Akan Dihadapi Semua Orang – Sebagai salah satu keputusan paling beresiko dalam perjalanan karir setiap orang, tentu ada plus minum career switch yang akan dihadapi setelah keputusan tersebut diambil. Mulai dari sisi positif yang bisa membuat karir kita makin berkembang, maupun sisi negatif yang membuat kita bisa tidak berpenghasilan selama beberapa bulan.

Jika mau disederhanakan, kalian bisa bayangkan melakukan career switch seperti menjadi fresh graduate yang baru diterima kerja. Kita akan bertemu ekosistem kerja baru, orang baru, dan segudang pengalaman baru. 

Hanya saja perusahaan dan para atasan akan berekspektasi 2 kali lebih besar dari Anda yang sudah punya pengalaman kerja. Tapi bagaimana kalau bidang karir baru kita berbeda 100% dengan karir lama?

Plus Minus Career Switch dan Cara Menghadapinya

Sebelum memutuskan akan mengambil career switch, ada baiknya Anda baca dulu apa saja plus minus-nya yang sudah kami rangkum dalam artikel berikut ini.

Sisi Negatif dan Resiko Career Switch

Secara garis besar, ada 3 sisi negatif utama career switch yang akan Anda alami, yaitu:

  • Ketidakpastian dalam mendapatkan karir baru
  • Ekspektasi di karir baru yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya
  • Kestabilan finansial yang terganggu selama waktu tertentu

Resiko dari career switch dimulai sejak Anda memutuskan resign dari kantor lama.

Berapa lama Anda akan menemukan pekerjaan baru adalah hal yang tidak bisa ditebak. Walaupun dengan persiapan CV, portofolio, dan pendalaman skill sejak masih bekerja, semua ini tidak menjamin kita langsung mendapat panggilan kerja baru dalam sekejap.

Di masa-masa seperti ini, networking menjadi salah satu modal plus untuk memperkecil ketidakpastian ini. Ketika sudah diterima di pekerjaan baru pun, sisi negatif dari career switch masih akan terus lanjut.

Seperti yang sudah dikatakan tadi, sebagai karyawan yang sudah punya pengalaman kerja kita akan diberi beban ekspektasi tinggi dari kantor. Baik itu dari segi performa, hubungan dan komunikasi dengan klien, maupun etika dalam bekerja secara umum.

Jika tidak bisa memenuhi ekspektasi tersebut, bukan hal yang aneh kalau kita masuk ke masa probation alias percobaan.

Probation adalah masa dimana performa pekerjaan dalam jangka waktu tertentu akan dinilai untuk menentukan apakah kita bisa lanjut di tempat tersebut atau tidak.

Gaji karyawan baru pun tidak bisa disamakan dengan mereka yang sudah bekerja selama dua atau tiga tahun di kantor tersebut. Oleh karena itu jumlah pemasukan bulanan Anda akan mengalami perubahan cukup drastis dan memaksa pelaku career switch untuk beradaptasi dengan keadaan.

Sebenarnya semua sisi negatif career switch ini bisa dihadapi dengan satu hal, yaitu persiapaan tabungan yang cukup dan financial planning matang sampai penghasilan kembali stabil.

Sisi Positif dari Career Switch

Semua resiko dan ketakutan dari career switch akan diimbangi juga dengan sisi positif yang akan kita rasakan, misalnya:

  • Membuka pengalaman dan relasi baru
  • Dapat berkarir di bidang yang kita sukai
  • Kesempatan mendapat gaji lebih besar dibandingkan mengandalkan promosi
  • Ekosistem pekerjaan baru

Dibandingkan mengandalkan promosi di satu perusahaan, sebenarnya kita lebih punya kesempatan naik gaji lebih besar dengan cara career switching secara berkala.

Sebab kita bisa langsung apply ke posisi lebih tinggi, dengan gaji lebih besar, jika merasa sudah kompeten di posisi tersebut.

Selain itu, kita juga akan bertemu ekosistem pekerjaan, dengan orang-orang baru. Walaupun untuk yang satu ini, Anda tidak bisa menebak apakah ekosistem tersebut akan lebih toxic atau lebih baik dari kantor lama.

Meskipun begitu, berganti suasana secara berkala dapat meningkatkan produktivitas dibandingkan bertahan di ekosistem yang sama, baik itu yang nyaman maupun tidak nyaman.

Jadi plus minus career switch tidak sepenuhnya menakutkan bila mempersiapkannya dengan matang. Dan sisi positif dari keputusan ini pun akan sepadan dengan seluruh ketakutan dan ketidakpastian yang perlu Anda hadapi.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *